Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SINABANG - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Simeulue Hasrul Edyar meresmikan pengoperasian kapal khusus angkutan barang dari Simeulue ke daratan Aceh maupun sebaliknya, Senin (31/10). Kapal tersebut didatangkan sebagai solusi angkutan tandan buah segar (TBS) sawit milik Perusahaan Daerah Kabupaten Simeulue (PDKS) maupun buah sawit milik masyarakat Simeulue yang selama ini terkendala terbatasnya pengakutan melalui kapal feri. Peluncuran kapal tersebut berlangsung di pelabuhan penyeberangan Feri Kuta Batu, Simeulue Timur turut dihadiri ketua DPRK Simeulue, unsur Muspida serta perwakilan dari PT Kasama Ganda (KSG) yang saat ini bekerja sama dengan pihak PDKS.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Simeulue memberi apresiasi dan menyambut baik hadirnya jasa transportasi ini. Kami berharap program ini beroperasi permanen. Kalau hari ini sudah launching sampai waktu yang tidak ditentukan, Trasindo II tetap beroperasi,” kata Hasrul Edyar.

Kapal Trasindo II yang dinakhodai H T Amiruddin itu akan melayani rute pelayaran Simeulue-Labuhanhaji-Aceh Singkil, dan mampu mengangkut sebanyak 34 truk. “Tujuannya untuk memperlancar arus barang dari daratan ke Simeulue maupun sebaliknya. Kami berharap pengelola tidak sungkan untuk berkoordinasi dengan Pemkab Simeulue,” ujar Hasrul.

Sementara itu, Humas dari PT KSG Tengku Kasir mewakili Pimpinan PT KSG kepada Serambi menyebutkan bahwa kehadiran kapal khusus pengangkut barang ini merupakan upaya yang dilakukan manajemen PT KSG sebagai solusi memperlancar pengiriman buah sawit. Selama ini, lanjutnya, hasil panen kebun PDKS tidak semua bisa dipanen lantaran terbatasnya angkutan laut untuk dibawa ke daratan.

“Tidak hanya buah sawit milik PDKS yang diangkut kapal ini. Hasil kebun masyarakat seperti sawit, karet dan lainnya juga bisa dibawa dengan kapal Trasindo II,” kata Kasir. Ia juga menyebutkan dengan lancarnya pengiriman TBS maka pihak perusahaan dalam waktu dekat akan membuka lapangan kerja khusus pemanen buah sawit sebanyak 125 orang.

Secara terpisah, pimpinan PT Kasama Ganda, H Sulaiman kepada Serambi menyatakan upaya untuk mendatangkan kapal barang itu merupakan niat baik dari perusahaan sekaligus menyahuti isi surat dari pihak pengawas PDKS. “Alhamdulillah, berkat koordinasi dan kerja sama yang baik nantinya kapal ini mampu memperlancar pengiriman dan pasokan barang untuk daerah kita. Banyak sekali manfaat kehadiran kapal angkut barang ini. Semoga truk barang tidak lagi lama antrean di pelabuhan dan hasil bumi Simeulue semakin lancar diangkut ke daratan,” ujarnya. [] aceh.tribunews.com, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.