Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, MANILA -- Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF 2016 setelah sukses mengalahkan Singapura dengan skor 2-1 pada laga terakhir penyisihan Grup A di Stadion Rizal Memorial, Jumat (25/11/2016) malam.

Sempat tertinggal terlebih dahulu pada babak pertama, Indonesia bangkit pada babak kedua dan mencetak gol melalui Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly. Indonesia lolos sebagai runner-up dengan merangkum empat poin. Tim Garuda melangkah ke semifinal bersama Thailand. Thailand yang terlebih dulu lolos berhasil mengalahkan Filipina dengan skor 1-0.

Pelatih Alfred Riedl melakukan perubahan dengan mencadangkan Lerby Eliandry. Sebagai pengganti Lerby, Riedl memainkan Bayu Pradana untuk memperkuat lini tengah. Tampilnya Bayu membuat Evan Dimas menjadi penyerang lubang. Sementara itu, Stefano Lilipaly tampil sebagai pengatur serangan.

Peluang pertama Indonesia berawal dari tendangan bebas Lilipaly pada menit kelima. Bola hasil tendangan bebas Lilipaly membentur mistar. Boaz Solossa berusaha memanfaatkan bola rebound, tetapi masih melenceng dari sasaran.

Tiga menit kemudian, Lilipaly mencoba peruntungannya dengan melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Usaha pemain naturalisasi Belanda tersebut belum membuahkan hasil karena bola berhasil ditangkap Hassan Sunny.

Setelah itu, Indonesia berusaha mengendalikan permainan. Sementara The Lions—julukan Singapura—melancarkan serangan balik. Namun, usaha Indonesia untuk menciptakan peluang tak mudah. Pemain Singapura cukup sigap memutus serangan dan menumpuk hingga tujuh pemain saat bertahan.

Usaha Singapura tersebut mampu membuat Indonesia tak mampu menciptakan gol hingga jeda. Skor 1-0 bertahan hingga 45 menit pertama usai. Selepas jeda, gawang Indonesia nyaris kebobolan oleh sepakan keras Khairul pada menit ke-48. Namun, Kurnia Meiga berhasil memenangi pertarungan dengan menepis bola.

Pada menit ke-57, Riedl memasukkan Ferdinand Sinaga. Keputusan memainkan Ferdinand ini setelah Indonesia tak ada target man. Beberapa kali, Boaz yang diharapkan sebagai target man malah lebih banyak menjemput bola.

Masuknya Ferdinand membawa perubahan. Puncaknya, Indonesia mampu menyamakan kedudukan berkat gol Andik Vermansah pada menit ke-62.

Dari sisi kanan pertahanan Singapura, Rizky Pora melepas umpan silang ke dalam kotak penalti. Andik yang datang dari belakang langsung merangsek ke dalam kotak penati. Dia kemudian melepaskan tembakan keras yang tak mampu dibendung Hassan Sunny.

Lima menit kemudian, Boaz melepas dua tembakan beruntun. Namun, upaya Boaz berhasil digagalkan Hassan Sunny. Memasuki menit ke-70, Riedl memasukkan dua pemain baru, yakni Manahati Lestusen dan Zulham Zamrun.

Ancaman pertama datang pada menit ke-78. Zulham Zamrun berhasil melepas tembakan dari jarak dekat, tetapi masih bisa digagalkan Sunny. Gol kemenangan Indonesia akhirnya lahir pada menit ke-87. Lilipaly melesakkan tembakan keras dengan memanfaatkan umpan Boaz di dalam kotak penalti.

Skor 2-1 ini bertahan hingga pertandingan berakhir. Dengan koleksi empat poin, Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2016.

Susunan pemain

Indonesia (4-4-1-1): 1-Kurnia Meiga; 2-Beny Wahyudi (Manahati Lestusen 73'), 13-Yanto Basna, 16-Fachruddin Aryanto, 3-Abduh Lestaluhu; 19-Bayu Pradana, 6-Evan Dimas (Ferdinand Sinaga 57'); 21-Andik Vermansah, 14-Rizky Pora (Zulham Zamrum 77); 8-Stefano Lilipaly; 7-Boaz Solossa. Pelatih: Alfred Riedl.

Singapura (4-4-1-1): 18-Hassan Sunny; 9-Farit Hameed, 6-Madhu Mohana, 16-Daniel Bennett, 2-Shakir Hamzah; 24-Yasir Hanapi (Shahril Ishak 76'), 14-Hariss Harun, 25-Anumanthan Kumar, 10-Faris Ramli; 21-Safuwan Baharudin; 19-Khairul Amri. Pelatih: V Sundramoorthy. [] Kompas.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.