Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, HEALTH - Bagi banyak orang, pembersih tangan atau hand sanitizer adalah penyelamat. Mereka mengira bahwa hanya dengan beberapa tetes, tangan terbebas dari kuman.

Namun, tahukah Anda bahwa ternyata, pembersih tangan tidak baik untuk kulit tangan?

Menurut dermatolog Mona Gohara, MD, pembersih tangan tidak bisa menggantikan mencuci tangan. Sebab, tanpa kandungan alkohol di angka 60 persen, maka pembersih tangan tersebut tidak bisa membunuh kuman.

Selain tidak bisa membunuh kuman, terlalu sering menggunakan pembersih tangan juga bisa menimbulkan beberapa dampak negatif.

Berikut adalah uraiannya:

Tangan terlalu bersih

Terlalu sering membersihkan tangan bisa menyebabkan ketergantungan dan akibatnya Anda terlalu bersih.

Berdasarkan hasil sebuah studi yang dilakukan oleh Northwestern University, lingkungan yang terlalu bersih, seperti yang diakibatkan oleh pembersih tangan, dapat mengurangi ketahanan tubuh Anda.

Iritasi Kulit

Dengan bahan dasar alkohol, pembersih tangan berpotensi menyebabkan iritasi pada kulit.

Ketika menggunakan pembersih tangan, tanpa sadar Anda telah menghilangkan lapisan pelindung tangan yang terdiri dari protein penting. Akibatnya, tangan menjadi kering dan iritasi.

Oleh karena itu, dr Gohara menyarankan Anda untuk menggunakan pelembap setelah pembersih tangan.

Pembersih tangan tidak membersihkan bekas makanan

Inilah alasan utama untuk mengganti pembersih tangan Anda dengan mencuci tangan. Walaupun tidak terasa, sisa makanan seperti minyak dan gula tidak bisa dihilangkan hanya dengan pembersih tangan. Anda perlu sabun dan air untuk membersihkannya. [] kompas.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.