Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, LANGSA -- Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa, Rinaldi Aulia, mengatakan BPBD telah memberlakukan Kota Langsa dengan status 'siaga darurat banjir'. "Hal ini melihat tingginya intesitas hujan sejak sebulan terakhir dan diperkirakan akan berlangsung hingga penghujung Desember tahun 2016 mendatang," kata Rinaldi Aulia menjawab Serambinews.com, Senin (7/11/2016).

Pemberlakukan siaga darurat banjir ini, timpal Rinaldi, untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Terutama banjir luapan dari DAS Langsa yang mengalirkan air dari kawasan pegunungan Aceh Timur menuju muara laut.

"Masyarakat khususnya ang bermukim di kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan sekitarnya, diharapkan waspada terjadinya luapan air ini," ujarnya. Kini pihak BPBD setempat juga telah mengaktifkan Pusat Pengendalian dan Operasi Siaga Bencana Banjir (Pusdalops), yang berfungsi untuk memantau titik rawan banjir selama masa siaga ini diberlakukan.

Selain itu juga mempersiapkan peralatan pendukung kebencanaan sebagai tindakan kesiagaan jika terjadi situasi banjir. Dan petugas BPBD baik dari TRC, regu bencana, dan regu-regu lainnya akan dilibatkan semua jika terjadinya banjir.

Rinaldi Aulia mengharapkan partisipasi masyakat dan pihak terkait lain, jika memang nantinya terjadi bencana banjir di daerah setempat. Hubungi Posko Siaga BPBD Kota Langsa dengan nomor telepon 0641 20113, apabila ada hal-hal terkait bencana baik tu banjir, longsor, maupun lainnya. [] aceh.tribunews.com, Foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.