Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, HEALTH - Sejak usia 16 tahun, Meabh McHugh-Hill sudah terbiasa menggunakan lensa kontak. Bahkan, dalam sehari ia bisa menghabiskan waktu sampai 12 jam menggunakan lensa kontak.

Mata kering pun kerap dialami gadis ini. Namun begitu, Meabh tetap rutin mengenakan lensa kontak hingga suatu hari, insiden dialami Meabh dan hampir membuatnya buta. Berawal ketika suatu malam Meabh sedang menonton bioskop bersama kekasihnya.

"Saat itu tiba-tiba saya ingat sudah pakai lensa kontak selama 10 jam. Saya lalu ke toilet dan mengeluarkan lensa kontak yang lengket di bola mata saya. Seharusnya, sebelum itu saya membasahi dulu bola mata saya dengan tetes mata," tutur Meabh, dikutip dari Mirror.

Setelah itu, Meabh merasakan nyeri parah di mata kirinya itu. Sampai keesokan harinya ia tidak bisa membuka matanya dan ketika dicek ke dokter, disebutkan bahwa kornea kiri Meabh mengalami robek dan itu hampir membuatnya buta.

Pasca terjadinya insiden itu, Meabh tak dibolehkan lagi mengenakan lensa kontak di mata kirinya. Berangkat dari apa yang dia lakukan, Meabh menganjurkan agar masyarakat tidak terlalu lama mengenakan lensa kontak. Toh hal itu terpaksa dilakukan, jangan lupa untuk menggunakan tetes mata karena jika tidak, mata bisa kekurangan oksigen dan akhirnya kering serta terjadi iritasi.

Dilansir Women's Health, Niket Sonpal, MD, asisten profesor klinis di Touro Osteopathic College of Medicine, New York mengatakan kejadian ini memang cukup langka. Sonpal menegaskan bahwa insiden ini akibat keteledoran pengguna yang seharusnya mencopot lensa kontak dengan hati-hati.

Ketika menggunakan lensa kontak, protein akan dihasilkan lensa kontak dan itu membuat pasokan oksigen di mata berkurang. Akibatnya, mata kering dan lensa kontak makin lengket di permukaan bola mata. Ketika Anda mencopotnya dengan paksa, maka risiko kornea luka termasuk korena robek bisa terjadi.

"Untuk mencegah ini, baiknya hindari memakai lensa lebih dari 12 jam. Jika Anda mengalami mata kering, gunakan rutin tetes mata selama memakai lensa kontak. Dan kemudian, lepas lensa kontak ketika hendak tidur," tutur Sonpal.

Jangan lupa, jika hendak mencopot lensa kontak, pastikan lensa kontak dalam kondisi lembut. Melembutkan lensa kontak salah satunya bisa dengan menggunakan tetes mata sebelum Anda melepas lensa kontak. Jika memang ada kesulitan untuk melepas lensa kontak, Sonpal menyarankan segera hubungi dokter. [] detik.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.