Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, SPORTS -- Arsenal bertandang ke Stadium of Light untuk menghadapi tim juru kunci Sunderland pada pekan ke-10 Premier League 2016/17, Sabtu (29/10). Arsenal menang 4-1 lewat brace Alexis Sanchez dan pemain pengganti Olivier Giroud.

Arsenal unggul melalui Alexis di menit 19. Menunggu cukup lama, gol lain pun tercipta pada menit 65, tapi kali ini berupa gol balasan dari Sunderland yang lahir dari eksekusi penalti Jermain Defoe. Giroud lalu turun dari bangku cadangan dan menyarangkan dua gol untuk Arsenal di menit 71 serta 76, kemudian Alexis menjadikannya 4-1 di menit 78.

Kemenangan ini melesatkan Arsenal ke pucuk klasemen sementara dengan perolehan 23 angka. The Gunners bisa resmi memimpin pekan ini jika Manchester City (20 poin) dan Liverpool (20 poin) gagal menang.

Arsenal turun di laga ini setelah di partai liga sebelumnya cuma imbang 0-0 melawan Middlesbrough. Pasukan Arsene Wenger ingin segera kembali ke jalur kemenangan, seperti ketika membukukan enam victories beruntun sebelum ditahan The Boro.

Sunderland, yang masih tanpa kemenangan di Premier League musim ini dan terdampar di tangga terbawah, adalah mangsa potensial bagi Arsenal. Di atas kertas, Arsenal harusnya bisa menekuk anak-anak asuh David Moyes dan membawa pulang tiga angka.

Arsenal butuh 19 menit untuk mencetak gol pembuka. Adalah Alexis yang membawa Arsenal memimpin setelah diving header-nya meneruskan delivery Alex Oxlade-Chamberlain bersarang di gawang tuan rumah. Sunderland sebenarnya sempat mencetak gol balasan melalui Defoe, tapi dianulir karena salah satu rekannya divonis offside. Arsenal pun unggul 1-0 hingga jeda.

Babak kedua berjalan lebih alot. Harapan Sunderland kembali hidup setelah pemain sayap Duncan Watmore dijatuhkan kiper Petr Cech di area terlarang. Defoe maju sebagai algojo dan menyamakan kedudukan jadi 1-1 di menit 65.

Alexis langsung protes karena sebelumnya dia sempat dijatuhkan di dalam kotak, tapi wasit tak memberikan penalti. Kartu kuning untuk pemain Chile tersebut.

Empat menit berselang, Wenger menarik Alex Iwobi dan memasukkan Giroud. Ini terbukti menjadi keputusan yang sangat brilian. Striker Prancis itu menyambar crossing Kieran Gibbs untuk membawa Arsenal kembali memimpin di menit 71. Lima menit berselang, dari assist Mesut Ozil, Giroud mencetak gol lagi dan Arsenal pun menjauh.

Sunderland makin tenggelam setelah Alexis menyusul Giroud mengukir brace dengan sebuah penyelesaian dari jarak dekat di menit 78. Setelah gol itu, sejumlah suporter tuan rumah memutuskan pulang tanpa menunggu peluit panjang.

Crystal Palace VS Liverpool

Sementara itu Liverpool meraih kemenangan 4-2 atas Crystal Palace ketika mereka berkunjung ke Selhurst Park (30/10) dalam laga pekan ke-10 Premier League.

James McArthur membuat dua gol untuk tuan rumah, sementara The Reds harus berterima kasih atas aksi Dejan Lovren, Emre Can, Joel Matip. dan Roberto Firmino dalam menjebol jala lawan.

Liverpool langsung unggul ketika pertandingan baru berjalan 15 menit. Philippe Coutinho melepas umpan chip ke arah Alberto Moreno di sudut kotak penalti. Pemain Spanyol kemudian mengoper bola ke arah Emre Can. Penggawa Jerman lantas menyambarnya dengan cepat, membawa The Reds unggul 1-0.

Namun demikian, keunggulan tersebut hanya bertahan selama tiga menit. Dejan Lovren melakukan blunder ketika usahanya menyapu bola dari daerah pertahanan Liverpool justru menciptakan situasi berbahaya. James McArthur dengan gigih mengejar bola dan kemudian melepas tandukan yang membuahkan gol penyama kedudukan.

Lovren sendiri tidak membutuhkan waktu lama untuk membayar lunas kesalahannya. Pada menit ke-21, Liverpool mendapat tendangan sudut yang dieksekusi oleh Coutinho. Bola tendangan pemain Brasil meluncur tepat ke arah Lovren, yang melakukan tandukan keras untuk menaklukkan Mandanda kedua kalinya di pertandingan kali ini.

Pertandingan kemudian berjalan semakin seru setelah McArthur kembali mencetak gol untuk membuat kedudukan menjadi seimbang 2-2. Wilfried Zaha mengusai bola di sisi kanan lapangan dan langsung melepas umpan silang akurat ke dalam kotak penalti. Bola lantas disambar oleh McArthur, yang memenangkan duel dengan Lovren, untuk melengkapi brace-nya tepat di menit ke-33.

Sepuluh menit setelah gol kedua McArthur, Liverpool kembali berada di posisi unggul. Kali ini Joel Matip yang mencatatkan namanya di papan skor. Pemain berusia 25 tahun melepaskan tandukan dalam posisi bebas usai mendapatkan umpan dari Coutinho dan membuat skor menjadi 3-2 untuk Liverpool, tepat di menit ke-44. Hingga babak pertama berakhir, tidak ada lagi gol tambahan yang tercipta.

Di menit ke-59, Benteke menerima umpan pendek dari Yohan Cabaye. Namun sayang, tendangan keras yang dilepaskan oleh bomber Belgia itu masih mengarah tepat ke pelukan Loris Karius.

Roberto Firmino membawa Liverpool menjauh 4-2 di menit ke-71. Pemain Brasil melepaskan tembakan chip yang sanggup memperdaya Mandanda, setelah sebelumnya menerima bola terobosan yang begitu terukur dari sang kapten, Jordan Henderson.

Dan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya laga di London, The Reds tetap unggul 4-2 dan tambahan tiga angka membuat tim asuhan Jurgen Klopp untuk saat ini masih duduk di peringkat tiga klasemen sementara dengan 23 angka dari 10 pertandingan.

West Bromwich Albion VS Manchester City

Pada pertandingan lainnya, Manchester City sukses mengakhiri tren negatif mereka belakangan ini. Mereka sukses mencuri tiga angka saat bertamu ke The Hawthorns, markas West Bromwich Albion saat mereka mengalahkan tuan rumah dengan skor telak 0-4.

Pahlawan kemenangan The Citizens pada laga ini adalah Sergio Aguero dan Ilkay Gundogan di mana kedua pemain ini mencetak brace ke gawang Ben Foster.

Meski bermain di kandang lawan, Manchester City tampil percaya diri semenjak wasit meniupkan peluit tanda diawalinya pertandingan. Mereka dengan cepat sukses mendominasi jalannya pertandingan dan membuat tim tuan rumah harus bekerja keras untuk mengamankan pertahanan mereka. Pada menit ke 4 Raheem Sterling sudah memaksa Ben Forster melakukan penyelamatan gemilang.

Pada menit 10 The Citizens hampir membuka keunggulan melalui sepakan Aguero yang berhasil menembus jala Ben Forster. Namun sayang wasit tidak mengesahkan gol tersebut karena Aguero sudah berada dalam posisi offisde. Sembilan menit berselang Aguero akhirnya mencatatkan namanya di papan skor. Menerima umpan terobosan dari Ilkay Gundogan, sang penyerang sukses menghujamkan bola ke gawang West Brom. Kedudukan berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan tim tamu.

Unggul satu gol membuat The Citizens semakin gencar melakukan serangan. Fernandinho, Ilkay Gundogan dan David Silva kerap membuat pertahanan The Baggies keteteran. Sembilan menit berselang Aguero sukses membuat The Hawthorns bergemuruh. Kali ini memanfaatkan kemelut di dekat kotak penalti West Brom, penyerang asal Argentina itu sukses mencetak gol keduanya melalui tembakan keras dari luar kotak penalti. Kedudukan berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Manchester City sendiri terus melanjutkan dominasi mereka di sisa babak pertama, namun beberapa serangan yang dilancarkan anak asuh Guardiola itu masih gagal menambah kedudukan hingga wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki Babak kedua Manchester City tidak mengendorkan serangan mereka. Enam menit pasca kickoff babak kedua Mereka kembali mendapat peluang emas melalui Nolito namun peluangnya kali ini masih membentur pemain bertahan lawan. West Brom sendiri sempat mendapat peluang di menit 54 melalui sundulan Salomon Rondon namun sayang masih menyamping dari gawang Claudio Bravo. 11 Menit berselang Nacer Chadli kembali mengancam gawang Bravo, namun sayang sepakannya itu masih melebar.

Setelah melakukan sejumlah percobaan, akhirnya The Citizens sukses menambah keunggulan mereka. Kali ini berkat aksi umpan cukit Aguero sukses menemui Ilkay Gundogan yang lolos dari penjagaan bek West Brom. Beberapa menit sebelum laga buyar, Gundogan kembali memperbesar kemenangan The Citizens setelah sepakannya kembali merobek jala Forster. Skor 0-4 bertahan hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Berkat kemenangan ini The Citizens kokoh di peringkat pertama klasemen EPL sedangkan West Brom harus turun ke peringkat 16 klasemen sementara EPL. [] Bola.net

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.