Dilihat 0 kali

TamiangNews.com - Sari atau jus nanas ternyata cukup efektif dalam meringankan batuk yang mengganggu. Ekstrak nanas bahkan diketahui lima kali lebih efektif dalam mengurangi lendir atau mukus akibat batuk lima kali lebih cepat dibandingkan obat sirup batuk.

Salah satu keunggulan nanas ialah kaya akan kandungan vitamin C yang memiliki sifat melawan penyakit. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain yang memiliki sifat anti inflamasi.

Kombinasi vitamin C dan bromelain dapat membantu tubuh melawan batuk dan membunuh bakteri termasuk bakteri yang terdapat di tenggorokan.

Jus nanas dapat mengatasi sebagian besar batuk yang membandel. Ketika diminum, jus nanas akan bekerja meredakan batuk dengan cara mengurangi mukus yang jika mengisi paru-paru atau sinus dapat menyebabkan batuk, bersin hingga infeksi yang menyakitkan. Akan tetapi, batuk yang bisa diatasi oleh jus nanas adalah batuk yang bukan disebabkan oleh kondisi serius seperti pneumonia.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Der Pharma Chemica pada 2010 lalu, tim peneliti berupaya menemukan perawatan yang bermanfaat bagi pasien tuberkulosis, penyakit yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis.

Dalam proses penelitian, tim peneliti menemukan bahwa campuran sari nanas mentah, lada, garam dan madu yang diberikan setiap hari kepada pasien dapat membantu tubuh menghilangkan mukus di paru-paru.

Jus nanas ini dapat menjadi alternatif obat batuk yang lebih murah, lebih sehat, alami dan tentunya memiliki rasa yang lebih enak.

Hanya saja, harus dipastikan bahwa jus nanas yang dikonsumsi merupakan buatan sendiri, bukan jus siap saji yang dijual di toko. Karena, jus siap saji yang dijual di toko tak lepas dari kandugan gula yang tinggi.

Membuat jus nanas sebagai pengganti obat batuk pun terbilang mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan hanya satu cangkir sari nanas, seperempat cangkir sari lemon, satu buah jahe dengan besar sekitar 3 inci, satu sendok makan madu mentah dan juga setengah sendok teh cabai cayenne atau rawit. Seluruh bahan tersebut hanya perlu dicampurkan menjadi satu hingga merata.

Seperti dilansir LifeHack, campuran jus nanas ini sebaiknya diminum sebanyak dua sampai tiga kali per hari selama sakit.

Dalam sekali minum, seseorang yang sedang batuk cukup mengonsumsi seperempat cangkir campuran jus nanas ini. [] republika.co.id, foto : ilustrasi

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.