Dilihat 0 kali

TamiangNews.com, HEALTH - Bau badan tak sedap sering kali menjadi penyebab rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang. Pasalnya, bau yang timbul dari badan seseorang dapat dijadikan tolak ukur, apakah mereka termasuk orang yang jorok atau sebaliknya.

Gaya hidup juga dapat mempengaruhi bau badan seseorang. Orang yang lebih pandai menjaga kebersihan tubuhnya, akan terhindar dari masalah bau badan. Sedangkan orang yang jorok, dapat dipastikan akan mengalami masalah ini.

Penyebab Bau Badan Tak Sedap
Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Pertama kamu harus mengenali penyebab mengapa badan kamu bisa bau.

Penyebab bau badan lainnya dapat kamu simak dibawah ini.
Kurang pandai menjaga kebersihan tubuh (jorok)
Sering mengonsumsi makanan yang menimbulkan bau tak sedap seperti, jengkol, petai, bawang, kol.
Sering mengonsumsi makanan pedas
Terlalu banyak merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol
Disebabkan penyakit lain, biasanya penyakit diabetes.

Setelah mengetahui apa saja penyebab bau badan tak sedap, minimal kamu jadi tahu apa yang harus dan tidak boleh kamu lakukan, agar badan kamu tidak bau.

Tapi bagaimana jika badan kamu sudah terlanjur bau? Jangan khawatir, karena alam sudah menyediakan solusinya. Ada beberapa jenis daun yang dipercaya efektif untuk menghilangkan bau badan secara alami dan permanen.
Berikut ini adalah beberapa jenis dedaunan yang terbukti efektif untuk menghilangkan bau badan tak sedap yang menyengat.

1. Daun Sirih
Daun sirih merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat menghilangkan bau badan.

Cara 1 :
Kamu hanya perlu merebus 4 lembar (secukupnya) daun sirih segar dengan 2 gelas air. Kemudian diamkan hingga air tersisa separuhnya. Tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut agak hangat kemudian minum.

Cara 2 :
Selain menjadikannya sebagai minuman, kamu juga dapat menggunakannya pada saat mandi.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Sirih
Rebus 10-20 lembar daun sirih dengan 1 ember/baskom air berukuran sedang. Tunggu hingga airnya benar-benar mendidih. Setelah itu, campur dengan air dingin hingga air tersebut tidak terlalu panas.

Kemudian gunakan air tersebut untuk mandi. Jika ingin hasilnya optimal, kamu bisa gunakan cara ini 1 kali sehari.

2. Daun Kemangi
Daun kemangi mengandung zat aktif yang efektif untuk menghilangkan bau badan yang melekat di tubuh.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Kemangi
Kamu dapat menggunakan daun kemangi segar untuk menghilangkan bau badan dengan cara menjadikannya sebagai lalapan.

Selain bau badan kamu akan hilang, dengan begitu, kamu juga akan terhindar dari masalah bau mulut.

Selain disajikan sebagai lalapan, kamu juga dapat mengonsumsinya dalam bentuk minuman dengan cara merebusnya terlebih dahulu dengan 1 gelas air.

3. Daun Jambu Biji
Jambu biji adalah satu tumbuhan kaya akan manfaat, karena tak hanya buahnya, pucuk daun jambu biji biasa digunakan untuk mengobati sakit perut atau diare.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Jambu Biji
Kandungan Asam Oleanolat, Vitamin, Minyak Atsiri, Asam Guajaverin, dan Tanin di dalamnya memungkinkan daun jambu biji memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan.

Selain itu, daun jambu biji juga dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menghilangkan bau badan tak sedap.

Kamu bisa menyediakan beberapa lembar daun jambu biji. Kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu rebus dengan 1 gelar air. Agar rasanya tidak terlalu kesat, kamu dapat mencampurnya dengan gula. Minumlah air rebusan daun jambu biji tersebut.

Kamu dapat mengonsumsinya secara rutin agar hasilnya optimal, misal 1 minggu 2 kali.

4. Daun Beluntas
Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Beluntas
Bau badan disebabkan oleh adanya bakteri yang bercampur dengan keringat. Daun beluntas memiliki kandungan flavonoid, minyak astiri, dan antibakteri yang dapat membasmi bakteri di tubuh kamu.

Kamu dapat mengonsumsi daun beluntas dengan menjadikannya sebagai lalapan. Selain dapat mengusir bau badan, tubuh kamu juga akan lebih sehat.

5. Daun Teh Hijau
Teh hijau merupakan salah satu tanaman herbal terpopuler di dunia. Bukan tanpa sebab, itu karena teh hijau memiliki segudang manfaat.

Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Teh Hijau
Kandungan katekin yang bersifat sebagai anti oksidan, anti bakteri di dalamnya dapat mengatasi berbagai solusi untuk berbagai masalah kesehatan yang terjadi di tubuh kamu. Salah satunya yaitu ampuh untuk mengatasi bau badan.

Sediakan 7 lembar daun teh hijau segar, lalu rebus dengan 3 gelas air. Tunggu hingga air tersebut mendidih dan hanya tersisa 1 gelas.

Tunggu hingga air tersebut tidak terlalu panas untuk di minum. Kemudian konsumsi minuman herbal ini secara rutin agar bau badan di tubuh kamu hilang secara permanen.

6. Daun Singkong
Daun singkong, selain dijadikan lalapan, juga bisa diolah menjadi berbagai jenis aneka masakan yang sedap.
Tips Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Singkong

Namun, siapa sangka daun singkong juga efektif untuk mengatasi bau badan tak sedap. Bagi kamu yang punya masalah dengan berat badan sering-seringlah mengonsumsi daun singkong. Baik itu dijadikan lalapan ataupun dioleh terlebih dahulu.

7. Daun Serai
Daun yang dapat kita gunakan untuk mengatasi bau badan selanjutnya adalah daun serai. Selain sering dijadikan bumbu, daun serai ini juga efektif untuk menghilangkan bau badan.
Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Daun Serai

Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar daun serai, kemudian rebus dengan satu baskom air. Kemudian campur dengan air dingin hingga air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Gunakan air tersebut untuk mandi. Lakukan cara ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Itulah beberapa tips menghilangkan bau badan menggunakan tanaman herbal yang ada di sekitar kita. Semoga dapat memberikan bermanfaat. [] inkesehatan.com

Comments
0 Comments

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.